Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini





ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI


Penulis Buku               : Dr. Hj. Ihsana El-Khuluqo, M.Pd
Judul Buku                 : “Manajemem PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) : Pendidikan Taman Kehidupan Anak”
Penerbit                      : HAMKA Press, Celeban Timur UH III/548
Tahun Terbit               : Cetakan 1, Januari 2015
Kota Terbit                 : Yogyakarta
No. ISBN                   : 978-602-229-430-6
Jumlah Hlaman           : 194 halaman
Isi Resensi Buku         : Pada buku yang saya ambil ini membahas VIII bab yang semua membahas tentang anak usia dini, disini saya hanya mengambil salah satu dari materi yang ada yaitu tentang “PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI”

Orang tua mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak dan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam membangun karakter anak, maka dari itu mendidik anak sebaiknya dari sejak dini.
Pada buku ini membahas tentang teknik guru dalam mengajar anak usia dini, kreteria pendidikan anak didik, teknik berekpresi untuk anak didik, menyenangkan anak didik, menacari perhatian, dan juga dapar bersahabat dengan anak didik, tidak ketinggalan menjelaskan tentang fungsi dan tujuan pendidikan, tujuan pendidikan nasional, dan masih banyak lagi penjelasan tentang paud.
Yang pada pembahasan didalam BAB III membahas tentang perkembanagan karakter anak usia dini dimana pendidikan karakterlah yang paling utama dalam proses anak menuju kedewasaannya, karena Karakter artinya kualitas positif seperti peduli, adil, jujur, hormat terhadap sesama dan tanggung jawab. Karakter bisa juga diartikan watak atau sifat, karakter baik dimanifestasikan dalam kebiasaan baik dikehidupan sehari-hari seperti pikiran baik, hati baik dan tingkah laku baik. Pendidikan karakter adalah upaya penanaman nilai-nilai karakter kepada anak didik yang meliputi pengetahuan. Kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan kepada Tuhan, diri sendiri, sesema, lingkungan maupun kebangsaan agar menjadi manusia yang berakhlak.

Kelebihan Buku:
1.         Memberi ilmu baru bagi pembaca.
2.         Lebih mudah dipahami
3.         Memberi penjelasan lebih tentang teknik guru dalam mengajar paud.
4.         Ada bebrapa bab yang membahas tentang keislaman dalam paud,
5.         Buku ini tidak hanya dapat dipelajari oleh kalangan sekolah namun sebagai orang tua juga dapat mempelajari buku ini, karena isinya yang memberi informasi tenteng mendidik karakter anak yang baik dan benar.
  
Kelemahan Buku:
1.      Dalam pengertian karakter penjelesannya yang terlalu singkat
2.      Terdapat Kata-kata yang sulit untuk dimengerti
3.      Terdapat kata-kata yang kurang baku

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Di RA Rhaudhotul Huda Sumber Bahagia Kec.Seputih Banyak Lampung Tengah TA.2018-2019

PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK KEPADA ORANG TUA

Diaknosis Aanak Bermasalah