Contoh Laporan Observasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38B Batanghari



TUGAS OBSERVASI
ANALISIS KEBUTUHAN ANAK
Dosen Pengampu :
Uswatun Hasanah, M.Pd.I.







Disusun oleh :
Lailatul Khusnul Khotimah    1601030017

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( PIAUD )

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
IAIN METRO
TAHUN AKADEMIK 2017/2018



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan Laporan Observasi. Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah kami yaitu ANALISIS KEBUTUHAN ANAK . Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Uswatun Hasanah, M.Pd.I. selaku dosen mata kuliah beserta rekan-rekan atas masukan dalam menuyusun laporan Observasi ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Observasi  ini jauh dari kata sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari dosen mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih baik  di masa yang akan datang.



                                                                                    Metro, 22 September 2018

Penyusun









BAB I
PROFIL SEKOLAH

A.    Sejarah Berdirnya Tk Aisyiyah Bustanul Athfal
Berdirinya TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banjarrejo 38B berawal dari sebuah ide dan kesepakatan bapak-bapak yang ada di desa Banjarrejo untuk menghadirkan generasi yang Khoiru Ummam, sebagaimana Firman Allah dalam QS.Al.Imron ayat 110. Dan dilandaskan sikap takut jika masa depan generasi muda muslim tidak sejahtera (QS.An-Nisa ayat 9). Serta kewajiban untuk selalu menyuruh kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran (QS.Al-Imron ayat 104). Maka bergabung dengan organisasi Muhammadiyah Lampung Tengah disaat itu.
Walau ranting Muhammadiyah bekum berdiri, namun sengat dari beberapa warga Desa Banjarrejo yang mendapat dukungan dari Pimpinan Muhammadiyah Metro dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Tengah, ahkirnya sepakat mendirikan TK ABA 38B.
Dasar mendidik TK ABA 38B ini dilatar belakangi oleh keinginan oleh desa Banjarrejo karena belum adanya sekolah pada tingkat Taman Kanak-Kanak yang dekat dan bernilai islami. Dan selanjutnya Bpk. Hi. Suyoto (alm) mewakafkan tanahnya untuk dijadikan bangunan TK ABA 38B tersebut, dana pembangunan merupakan swadaya dari masyarakat Desa Banjarrejo serta bantuan dari warga dan simpatisan Muhammadiyah Lampung Tengah.
Akhirnya pada tanggal 01 Januari 1991, berdirilah sebuah sekolah untuk usia Taman Kanak-Kanak dengan nama TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Banjarrejo 38B. Dan mulai digunakan pada tanggal 15 juli 1991 dengan Oprasional : 002120402141 dan pada bulan Juli tahun 2004 telah resmi mendapat  Nomor Identitas Sekolah (NIS) : 000010.
Seiring dengan berdirinya TK Aisyiyah Bustanul Athfal ini maka mulai berdiri Ranting Aisyiyah Banjarrejo sebagai organisasi yang menaungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal desan Banjarrejo 38B. TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Banjarrejo 38B ini telah terdaftar pada Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Nomor 037/W16/PPA/D/TK/1992 dan mendapatkan Piagam Pendirian dari Pimpinan Pusat Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada tanggal 09 Dzulqaidah 1412H atau 12 Mei 1992M. Aisyiyah adalah bagian dari perserikatan Muhammadiyah yang beperan sebagai Badan Hukum, menurut :
·         Gouvernement Besluit tgl 22-8-1914, tgl 16-8-1920 No. 40 tgl 2-9-1921, No.36, Surat Departemen Kehakiman Tgl. 8-9-1971 No. JA5/160/4.
·         Surat Departemen Dalam Negara tgl. 10-2-1917 No.SK 14/DD/1917 dan surat Dep. P&K tgl. 24-7-1914 No. 23628/MPK/1974.
Pada saat pemekaran daerah Lampung Timur menjadi beberapa wilayah kabupaten baru, maka TK Aisyiyah Bustanul Athfal masuk dalam wilayah Kab. Lampung Timur. TK Aisyiyah Bustanul Athfal menjadi amal usaha dari Pimpinan Ranting Aisyiyah Banjarrejo dibawa bimbingan Pimpinan Cabang Aisyiyah Batanghari dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Lampung Timur. Tahun 2010 Kemendiknas RT, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur memberikan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 1081761.

B.     Visi, Misi, dan Tujuan
Visi                   : Mewujudkan generasi penerus bangsa yang pintar, cerdas, beriman,dan berakhlak mulia.
Misi                 :
·         Membangun kreatiifitas dan bakat anak
·         Membangun nilai religius dakam diri anak
·         Membiasakan akhalk mulia
·         Menumbuhkan rasa cinta tanah air

Tujuan             :
Membangun peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikos yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, secara emosional, kemandirian, kognitif, bahasa fisik, motorik untuk mempersiapkkan diri memasuki jenjang pendidikan dasar.
C.    LOKASI
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banjarrejo 38B berdiri dilokasi yang strategis jarena berada dipinggir jalan raya, yang memungkinkan mudah untuk dijangkau oleh kendaraan umum.
Dengan alamat RT. 21 RW.006 Dusun Cepaka Desa Banjarrejo 38B Kec.Batanghari Kab.Lampung Timur (34181).
Luas tanah 1500 m2 milik sendiri dengan sertifikat wakaf dari Kantor BPN Kab.Lampung Timur.

D.    SARANA dan PRASARAN
Sarana dan Prasarana yang ada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banjarrejo 38B, meliputi :
·         Ruang kelas                             : 2 lokal
·         Rungan bermain/edukatif       : 1 lokal
·         Kantor                                     : 1 lokal
·         Air MCK                                 : ada
·         Tempat Wudhu/cuci tangan    : ada
·         Area permainan luar kelas       : ayunan, prosotan, tangga majemuk, jungkat-jungkit, ayunan kereta, papan titian, trowongan, dan ban.





E.     DATA GURU TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BANJARREJO 38B KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

No.
Nama
L/P
TTL
IJAZA TERAKHIR
AGAMA
MASA KERJA
Mengajar

1.
Miyati Ariyani
P
Banjarrejo 13-01-1962
D1 KPG TK
ISLAM
26 Tahun 2 Bulan
B2
2.
Widiyawati
P
Banjarrejo 13-02-1977
MAN
ISLAM
20 Tahun 2 Bulan
B1
3.
Weny Oktavia A.Ma
P
Banjarrejo 31-10-1983
D2 PGTK
ISLAM
16 Tahun 2 Bulan
B1
4.
Lailatul Huda
P
Banjarrejo 31-01-1971
PGAN
ISLAM
11 Tahun 2 Bulan
A






BAB II
PEMBAHASAN

KEBUTUHAN ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BANJARREJO 38 B KEC. BATANGHARI KAB. LAMPUNG TIMUR

A.    DATA ANAK DAN ORANGTUA
Saya telah melaksanakan observasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur yang saya dapatkan pada observasi hari itu tentang kebutuhan anak di TK tersebut, antara lain :
I.         Data Anak dan Sekolah
Description: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_20180922_124042.jpg
Nama Sekolah                  : TK Aisyiyah Bustanuk Athfal
Alamat Sekolah                            : Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur
Nama Anak                                  : Arumi Qurotul Aini
Tempat, Tgl & Lahir        : ----
Umur Anak                      : 6
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Berat Badan                     : 24kg
Panjang Badan                 : 100 cm
II.       Data Orang Tua
·         Nama Ayah          : Ahmad Ruliansyah
Pekerjaan              : Wiraswata
·         Nama Ibu             : Siska Juliana
Pekerjaan              : Wiraswasta

B.     Gizi Yang Dibutuhkan Pada Anak :
Gizi yang dibutuhkan pada Arumi Qurotul Aini sudah sangat terpenuhi dan sudah seimbang dari asupan Gizinya, Vitamin, Stimulus, dan Imunisasi waktu kecil yang cukup. Perkembangan si Aini yang sudah berkembang dengan baik sesuai dengan umurnya dari Tinggi badan dan Berat Badanya. Aini sengat pintar dalam hal pengetahuan di saat pembelajaran karena orang tua yang selalu memperhatikan asupan makanannya, dari pengetahuan dan Daya ingat Aini yang cukup kuat maka dia yamg sering mengikuti perlombaan. Perkembangan Aini sangat baik melihat bahwa dia masih berumur 6 tahun tetapi dia  sering mengikuti perlombaan di luar sekolah maupun di lingkungan sekolah. Contohnya lomba yang dia ikuti seperti, Pramuka Hafalan Dwi Darma,
Gizi dan stimulus yang diberikan oleh orangtua dan juga bantuan bimbingan dari pihak sekolah anak dapat berkembangan dengan baik sesuai pada kebutuhan anak pada usia nya.

C.    Pemeriksaan Kesehatan Yang Dilakuakn oleh  TK Aisyiyah Bustanul Athfal

1.      Pemberian Asupan Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
No.
Yang diberkan Pada Anak
Dilaksanakan/tidak
Keterangan
1.       
Pemeriksaan dari bidan dan pemberian Vitamin
Ya
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali
2.       
Suntik Rubela/cacar
Ya
Dilaksanak pada bulan juli, kemaren
3.       
Menimbang
Ya
Dilakukan pada setiap 3 bulan sekali
4.       
Mengukuran tinggi badan
Ya
Dilaksanakan pada 6 bulan seklai
5.       
Pemberian makana/roti dan susu
Ya
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali

2.      Kegiatan yang dilakukan Setiap hari di sekolahan
Kegiatan yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal tidak terlepas dari kegiatan yang biasa dilakukan di tk-tk lainnya yaitu kegiatan yang dilakukan pertama anak-anak masuk kelas dengan berbaris rapi sambil menaruhkan sepatu dan tas ketempat yang sudah disediakan, setelah itu anak-anak masuk kelas dan melakukan pembelajaran seperti biasa menggambar dan menulis.
Kemudian selang beberapa jam waktu istyrahat sudah tiba anak-anak bermain di luar sesuai dengan keinginannya sampai bel bunyi masuk telah terdengar. Kemudian anak-anak masuk ke kelas sambil membawa makanan yang telah dibawa nya dari rumah, anak-anak dan para guru pun melakukan makan bersama sama, sebelum makan anak-anak sudah dibiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan berdoa terlebih dahulu, setelah mereka selsai makan anak-anak mencuci tangannya kembali dan menggosok gigi. Kemudian yang terakhir guru menyuruh untuk bermain dan belajar didalam kelas sampai bel pulang berbunyi..
Semua kegiatan yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal sealalu memperhatikan kebersihan dan asupan makanan yang sesuai untuk anak didik mereka. Karena setiap bulannya sudah ada jadwal untuk posyandu dan pemberian makanan sehat serta vitamin untuk anak didiknya.















BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Dapat saya simpulkan Kebutuhan Anak Usia Dini adalah hal yang perlu di perhatikan oleh orang tua kepada anaknya, dari segi Makanannya, Gizinya, Vitaminnya, Imunisasi, dan pemberian Stimulus kepada anak. Tumbuh kembang si anak tergantung pada pola asuh yang diberikan kepada orang tuanya. Anak akan berkembang dengan baik jika kebutuhan anak terpenuhi.
            Dan pada Anak yang saya teliti yaitu Arumi Qurotul Aini Kebutuhannya sudah sangat terpenuhi, karena orang tuanya yang selalu memberi asupan makanan yang 4 sehat 5 sempurna dan sesuai dengan gizi, vitamin yang dia butuhkan. Perkembangan Aini sangat baik melihat bahwa dia masih berumur 6 tahun tetapi dia  sering mengikuti perlombaan di luar sekolah.













LAMPIRAN
Description: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_20180920_100201.jpgDescription: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_20180920_101855.jpg





        Gambar 1.1 (Profil Sekolah)                                      Gambar 1.2 (Wawancara dengan salah satu guru kelas)
Description: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20180920-WA0041.jpg
                                                      Gambar 1.3 (Suasana Ketika Suntik Rubela)

Description: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20180920-WA0039.jpg
                                    Gambar 1.4 (Bidan dan Kader)
Description: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20180920-WA0038.jpgGambar 1.5 (Kegiatan Suntik Rubela yang dihadiri oleh Pak Camat dan Polisi)
Description: C:\Users\ATC\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20180920-WA0029.jpg
Gambar 1.6 (Kegiatan Suntik Rubela yang dihadiri oleh Pak Camat dan Polisi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Di RA Rhaudhotul Huda Sumber Bahagia Kec.Seputih Banyak Lampung Tengah TA.2018-2019

PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK KEPADA ORANG TUA

Diaknosis Aanak Bermasalah