Contoh Laporan Observasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 38B Batanghari
TUGAS
OBSERVASI
ANALISIS
KEBUTUHAN ANAK
Dosen
Pengampu :
Uswatun Hasanah,
M.Pd.I.
Disusun oleh :
Lailatul Khusnul Khotimah 1601030017
Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan
Pendidikan
Islam Anak Usia Dini ( PIAUD )
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI
IAIN METRO
TAHUN AKADEMIK
2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat
dan hidayahnya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan Laporan Observasi. Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah kami yaitu ANALISIS
KEBUTUHAN ANAK . Dalam
kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu Uswatun Hasanah, M.Pd.I. selaku dosen mata kuliah beserta rekan-rekan atas masukan dalam menuyusun laporan
Observasi ini.
Kami
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan Observasi ini jauh
dari kata sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya.
Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun,
khususnya dari dosen mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi
kami untuk lebih baik di masa yang akan datang.
Metro,
22 September 2018
Penyusun
BAB I
PROFIL SEKOLAH
A.
Sejarah Berdirnya Tk Aisyiyah Bustanul Athfal
Berdirinya TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Banjarrejo 38B berawal dari sebuah ide dan kesepakatan bapak-bapak yang
ada di desa Banjarrejo untuk menghadirkan generasi yang Khoiru Ummam,
sebagaimana Firman Allah dalam QS.Al.Imron ayat 110. Dan dilandaskan sikap
takut jika masa depan generasi muda muslim tidak sejahtera (QS.An-Nisa ayat 9).
Serta kewajiban untuk selalu menyuruh kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran
(QS.Al-Imron ayat 104). Maka bergabung dengan organisasi Muhammadiyah Lampung
Tengah disaat itu.
Walau ranting Muhammadiyah bekum berdiri, namun sengat
dari beberapa warga Desa Banjarrejo yang mendapat dukungan dari Pimpinan
Muhammadiyah Metro dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Tengah, ahkirnya
sepakat mendirikan TK ABA 38B.
Dasar mendidik TK ABA 38B ini
dilatar belakangi oleh keinginan oleh desa Banjarrejo karena belum adanya
sekolah pada tingkat Taman Kanak-Kanak yang dekat dan bernilai islami. Dan
selanjutnya Bpk. Hi. Suyoto (alm) mewakafkan tanahnya untuk dijadikan bangunan
TK ABA 38B tersebut, dana pembangunan merupakan swadaya dari masyarakat Desa
Banjarrejo serta bantuan dari warga dan simpatisan Muhammadiyah Lampung Tengah.
Akhirnya pada tanggal 01
Januari 1991, berdirilah sebuah sekolah untuk usia Taman Kanak-Kanak dengan
nama TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Banjarrejo 38B. Dan mulai digunakan pada
tanggal 15 juli 1991 dengan Oprasional : 002120402141 dan pada bulan Juli tahun
2004 telah resmi mendapat Nomor
Identitas Sekolah (NIS) : 000010.
Seiring dengan berdirinya TK Aisyiyah
Bustanul Athfal ini maka mulai berdiri Ranting Aisyiyah Banjarrejo sebagai
organisasi yang menaungi TK Aisyiyah Bustanul Athfal desan Banjarrejo 38B. TK Aisyiyah
Bustanul Athfal (ABA) Banjarrejo 38B ini telah terdaftar pada Aisyiyah bagian
Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Nomor 037/W16/PPA/D/TK/1992 dan mendapatkan
Piagam Pendirian dari Pimpinan Pusat Aisyiyah bagian Pendidikan dan Kebudayaan
Jakarta pada tanggal 09 Dzulqaidah 1412H atau 12 Mei 1992M. Aisyiyah adalah
bagian dari perserikatan Muhammadiyah yang beperan sebagai Badan Hukum, menurut
:
·
Gouvernement
Besluit tgl 22-8-1914, tgl 16-8-1920 No. 40 tgl 2-9-1921, No.36, Surat
Departemen Kehakiman Tgl. 8-9-1971 No. JA5/160/4.
·
Surat Departemen
Dalam Negara tgl. 10-2-1917 No.SK 14/DD/1917 dan surat Dep. P&K tgl.
24-7-1914 No. 23628/MPK/1974.
Pada saat pemekaran daerah Lampung Timur menjadi beberapa
wilayah kabupaten baru, maka TK Aisyiyah Bustanul Athfal masuk dalam wilayah
Kab. Lampung Timur. TK Aisyiyah Bustanul Athfal menjadi amal usaha dari
Pimpinan Ranting Aisyiyah Banjarrejo dibawa bimbingan Pimpinan Cabang Aisyiyah
Batanghari dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Lampung Timur. Tahun 2010 Kemendiknas
RT, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur memberikan
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 1081761.
B.
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi :
Mewujudkan generasi penerus bangsa yang pintar, cerdas, beriman,dan berakhlak
mulia.
Misi :
·
Membangun
kreatiifitas dan bakat anak
·
Membangun nilai
religius dakam diri anak
·
Membiasakan akhalk
mulia
·
Menumbuhkan rasa
cinta tanah air
Tujuan :
Membangun peserta didik mengembangkan berbagai potensi
baik fisik maupun psikos yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, secara
emosional, kemandirian, kognitif, bahasa fisik, motorik untuk mempersiapkkan
diri memasuki jenjang pendidikan dasar.
C.
LOKASI
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Banjarrejo 38B berdiri
dilokasi yang strategis jarena berada dipinggir jalan raya, yang memungkinkan
mudah untuk dijangkau oleh kendaraan umum.
Dengan alamat RT. 21 RW.006 Dusun Cepaka Desa Banjarrejo
38B Kec.Batanghari Kab.Lampung Timur (34181).
Luas tanah 1500 m2 milik sendiri dengan sertifikat wakaf
dari Kantor BPN Kab.Lampung Timur.
D.
SARANA dan PRASARAN
Sarana dan Prasarana yang ada TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Banjarrejo 38B, meliputi :
·
Ruang kelas : 2 lokal
·
Rungan
bermain/edukatif : 1 lokal
·
Kantor : 1 lokal
·
Air MCK : ada
·
Tempat Wudhu/cuci
tangan : ada
·
Area permainan luar
kelas : ayunan, prosotan, tangga
majemuk, jungkat-jungkit, ayunan kereta, papan titian, trowongan, dan ban.
E.
DATA GURU TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BANJARREJO 38B
KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
No.
|
Nama
|
L/P
|
TTL
|
IJAZA TERAKHIR
|
AGAMA
|
MASA KERJA
|
Mengajar
|
|
1.
|
Miyati Ariyani
|
P
|
Banjarrejo 13-01-1962
|
D1 KPG TK
|
ISLAM
|
26 Tahun 2 Bulan
|
B2
|
|
2.
|
Widiyawati
|
P
|
Banjarrejo 13-02-1977
|
MAN
|
ISLAM
|
20 Tahun 2 Bulan
|
B1
|
|
3.
|
Weny Oktavia A.Ma
|
P
|
Banjarrejo 31-10-1983
|
D2 PGTK
|
ISLAM
|
16 Tahun 2 Bulan
|
B1
|
|
4.
|
Lailatul Huda
|
P
|
Banjarrejo 31-01-1971
|
PGAN
|
ISLAM
|
11 Tahun 2 Bulan
|
A
|
BAB II
PEMBAHASAN
KEBUTUHAN ANAK
USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BANJARREJO 38 B KEC. BATANGHARI KAB.
LAMPUNG TIMUR
A.
DATA ANAK DAN ORANGTUA
Saya telah melaksanakan observasi di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur yang saya dapatkan pada observasi hari itu tentang kebutuhan anak
di TK tersebut, antara lain :
I.
Data Anak dan Sekolah
Nama
Sekolah : TK Aisyiyah Bustanuk Athfal
Alamat Sekolah :
Banjarrejo 38 B Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur
Nama Anak :
Arumi Qurotul Aini
Tempat, Tgl & Lahir :
----
Umur Anak :
6
Jenis Kelamin :
Perempuan
Berat Badan :
24kg
Panjang Badan :
100 cm
II.
Data Orang Tua
·
Nama Ayah : Ahmad Ruliansyah
Pekerjaan : Wiraswata
·
Nama Ibu : Siska Juliana
Pekerjaan : Wiraswasta
B.
Gizi Yang Dibutuhkan Pada Anak :
Gizi yang dibutuhkan pada Arumi Qurotul Aini sudah sangat
terpenuhi dan sudah seimbang dari asupan Gizinya, Vitamin, Stimulus, dan Imunisasi
waktu kecil yang cukup. Perkembangan si Aini yang sudah berkembang dengan baik sesuai
dengan umurnya dari Tinggi badan dan Berat Badanya. Aini sengat pintar dalam
hal pengetahuan di saat pembelajaran karena orang tua yang selalu memperhatikan
asupan makanannya, dari pengetahuan dan Daya ingat Aini yang cukup kuat maka
dia yamg sering mengikuti perlombaan. Perkembangan Aini sangat baik melihat
bahwa dia masih berumur 6 tahun tetapi dia
sering mengikuti perlombaan di luar sekolah maupun di lingkungan
sekolah. Contohnya lomba yang dia ikuti seperti, Pramuka Hafalan Dwi Darma,
Gizi dan stimulus yang
diberikan oleh orangtua dan juga bantuan bimbingan dari pihak sekolah anak
dapat berkembangan dengan baik sesuai pada kebutuhan anak pada usia nya.
C.
Pemeriksaan Kesehatan Yang Dilakuakn oleh TK Aisyiyah Bustanul Athfal
1.
Pemberian Asupan Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
No.
|
Yang diberkan Pada Anak
|
Dilaksanakan/tidak
|
Keterangan
|
1.
|
Pemeriksaan dari bidan dan pemberian Vitamin
|
Ya
|
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali
|
2.
|
Suntik Rubela/cacar
|
Ya
|
Dilaksanak pada bulan juli, kemaren
|
3.
|
Menimbang
|
Ya
|
Dilakukan pada setiap 3 bulan sekali
|
4.
|
Mengukuran tinggi badan
|
Ya
|
Dilaksanakan pada 6 bulan seklai
|
5.
|
Pemberian makana/roti dan susu
|
Ya
|
Dilaksanakan pada 6 bulan sekali
|
2.
Kegiatan yang dilakukan Setiap hari di sekolahan
Kegiatan yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
tidak terlepas dari kegiatan yang biasa dilakukan di tk-tk lainnya yaitu
kegiatan yang dilakukan pertama anak-anak masuk kelas dengan berbaris rapi
sambil menaruhkan sepatu dan tas ketempat yang sudah disediakan, setelah itu
anak-anak masuk kelas dan melakukan pembelajaran seperti biasa menggambar dan
menulis.
Kemudian selang beberapa jam waktu istyrahat sudah tiba
anak-anak bermain di luar sesuai dengan keinginannya sampai bel bunyi masuk
telah terdengar. Kemudian anak-anak masuk ke kelas sambil membawa makanan yang
telah dibawa nya dari rumah, anak-anak dan para guru pun melakukan makan
bersama sama, sebelum makan anak-anak sudah dibiasakan untuk mencuci tangan
sebelum makan dan berdoa terlebih dahulu, setelah mereka selsai makan anak-anak
mencuci tangannya kembali dan menggosok gigi. Kemudian yang terakhir guru
menyuruh untuk bermain dan belajar didalam kelas sampai bel pulang berbunyi..
Semua kegiatan yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal sealalu memperhatikan kebersihan dan asupan makanan yang sesuai untuk
anak didik mereka. Karena setiap bulannya sudah ada jadwal untuk posyandu dan
pemberian makanan sehat serta vitamin untuk anak didiknya.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dapat
saya simpulkan Kebutuhan Anak Usia Dini adalah hal yang perlu di perhatikan
oleh orang tua kepada anaknya, dari segi Makanannya, Gizinya, Vitaminnya,
Imunisasi, dan pemberian Stimulus kepada anak. Tumbuh kembang si anak
tergantung pada pola asuh yang diberikan kepada orang tuanya. Anak akan
berkembang dengan baik jika kebutuhan anak terpenuhi.
Dan pada
Anak yang saya teliti yaitu Arumi Qurotul Aini Kebutuhannya sudah sangat
terpenuhi, karena orang tuanya yang selalu memberi asupan makanan yang 4 sehat
5 sempurna dan sesuai dengan gizi, vitamin yang dia butuhkan. Perkembangan Aini
sangat baik melihat bahwa dia masih berumur 6 tahun tetapi dia sering mengikuti perlombaan di luar sekolah.
LAMPIRAN
Gambar 1.1
(Profil Sekolah) Gambar
1.2 (Wawancara dengan salah satu guru kelas)
Gambar
1.3 (Suasana Ketika Suntik Rubela)
Gambar 1.4 (Bidan dan Kader)
Gambar
1.5 (Kegiatan Suntik Rubela yang dihadiri oleh Pak Camat dan Polisi)
Gambar
1.6 (Kegiatan Suntik Rubela yang dihadiri oleh Pak Camat dan Polisi)
Komentar
Posting Komentar