RESENSI ANAK BERKESULITAN BELAJAR



RESENSI ANAK BERKESULITAN BELAJAR

Penulis Buku               : Prof. Dr. Mulyono Abdurrahman
Judul Buku                 : “ANAK BERKESULITAN BELAJAR: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya”
Penerbit                      : PT RINEKA CIPTA, Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Blok B No. 1-2 Jln. Matraman Raya No 148
Tahun Terbit               : Cetakan pertama, Oktober 2012
Kota Terbit                 : Jakarta
No. ISBN                   : 978-979-098-044-0
Jumlah Hlaman           : 236 halaman
Isi Resensi Buku         :

Isi dari buku ini adalah membahas tentang Pengertian tentang anak kesulitan belajar sangat diperlukan karena dalam kehidupan sehari-hari sering ditemukan adanya penggunaan istilah tersebut secara keliru. Banyak orang, termasuk sebagaian besar para guru, tidak dapat membedakan antara kesulitan belajar, lambat belajar dan tunagrahita. Tanpa memahami pengertian kesulitan belajar, akan sulit pula menentukan jumlah anak berkesulitan belajar sehingga pada gilirannya juga sulit untuk membuat kebijakan pendidikan bagi mereka. Dengan memahami pengertian kesulitan belajar, jumlah dan klasifikasinya dapat ditentukan strategi penanggulan yang efektif dan efisien. Penyebab kesulitan belajar juga perlu dipahami karena dengan pengetahuan tersebut dapat dilakukan usaha-usaha preventif maupun kuratif. Oleh karena itu, guru bagi anak berkesulitan belajar perlu lebih dahulu memahami hakikat kesulitan belajar sebelum melakukan pengkajian yang lebih mendalam tentang penanggulangannya.
            Disini guru untuk anak berkesulitan belajar perlu menguasai berbagai teori tentang proses dan hasil belajar, baik psikologis maupun neurofisiologis.

Kelebihan buku:
1.      Buku ini sangat menarik untuk dibaca
2.      Dapat untuk referensi para guru maupun mahasiswa tentang anak yang berkesulitan belajar
3.      Isinya yang Mudah dipahami untuk kalangan dosen, mahasiswa maupun siswa.
4.      Memberi ilmu baru bagi pembaca.
5.      Buku ini tidak hanya dapat dipelajari oleh kalangan sekolah namun sebagai orang tua juga dapat mempelajari buku ini, karena isinya yang memberi informasi tentang anak-anak yang berkesulitan belajar.



Kekurang buku:
1.      Kurangnya gambar yang menunjukan anak-anak yang memang berkesulitan dalam belajar.
2.      Dalam buku ini belum ada cara untuk menangani anak yang berkesulitan dalam belajar dan membaca.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Di RA Rhaudhotul Huda Sumber Bahagia Kec.Seputih Banyak Lampung Tengah TA.2018-2019

PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK KEPADA ORANG TUA

Diaknosis Aanak Bermasalah